Sabtu, 02 April 2016

Cara Mengukur Output Signal Analog Pressure Transducer

Banyak dari agan yang pada saat dilapangan tempat kerja mengalami kebingungan dalam mengukur alat instrument. Terutama mengukur output signal analog 4-20 mA.
Nah...disini aku mau berbagi pengalaman kepada agan teknisi pemeliharaan (maintenance). Bagi agan yang sudah tahu  pasti mudah mengukurnya, tetapi bagi yang belum tahu mungkin bisa bermanfaat...


Tapi sebelumnya kita mengenal dulu yang dimaksud 
signal analog 4-20 mA ?

Signal analog 4-20 mA sebenarnya merupakan signal (gelombang) untuk komunikasi dari suatu instruments ke perangkat lain dalam bentuk arus. Misalnya Analog Input (AI) dari PLC atau sebuah controller yang inputnya untuk membaca signal analog. Karena signal analog sebuah arus, maka cara menghubungkanya secara seri. Pada analog input PLC kita langsung menkoneksi langsung dengan terminal analog input, tapi jangan terbalik ya..agan. Jika terbalik pengukuran menjadi minus atau tidak ada nilai yang terukur bahkan transducer-nya bisa rusak. Bila dipasang pada controller, maka membutuhkan power supply dengan tegangan 24 Vdc.

Bila agan-agan masih bingung, kita misalkan aja ada pipa paralon yang dialiri air. Pada ujung paralon kita taruh sebuah ember ( di ibaratkan sebagai controller). Air kita ibaratkan signal analog dengan arus yang mengalir. Pada pipa paralon kita kasih lobang (di ibaratkan transducer). Pada lubang tersebut kita teteskan zat perwarna, maka zar berwarna tersebut akan mengalir bersama dengan air dan pada ember akan tercampur zat peawrna dan air, seperti itulah yang terbaca pada sebuah controller. pasti udah paham ya...

Baik kita kembali ke cara mengukur output signal analog pressure transducer. Karena signal analog adalah sebuah arus, maka cara pengukuran dihubungkan secara seri dengan digital multi meter.
Biasanya kabel transducer ada 2 kabel warna merah dan hitam. warna merah sebagai positif dan warna hitam sebagai output signal analog.



Langkah-langkahnya :

  1. Lepas kabel output dari terminal, pastikan bahwa yang diterminal adalah kabel output dari transducer ya..
  2. Hidupkan digital multimeter dan pilih ke pengukur arus mA. Kalau pakai yang     digital multimeter tekan tombol select. Pilih satuan mA ya....
  3. Koneksi/colok bagian kabel warna hitam dari transducer dengan colokan warna merah digital multimeter.
  4. Colok warna hitam digital multimeter pada input controller atau input analog       input PLC.(lihat gambar)



gambar cara mengukur transducer

Bila pengukuran benar akan keluar nilai yang positif. Untuk bisa menentukan transducer itu sesuai dengan yang terbaca, maka di perlukan perhitungan, silahkan baca cara menghitung konversi tekanan ke 4-20 mA. Bila nilai yang terbaca menyimpang, maka transducer perlu diganti atau di kalibrasi lagi.

Cukup disini dulu ya...agan agan. tolong dishare ya...dan like.
Semoga bermanfaat..


1 komentar:

meadsofa8100@gmail.com mengatakan...

Terima kasih sharenya nya gan . Saat pengukuran pompa sama plc atw vsd dalam keadaan hidup atw mati ??