Jumat, 12 Agustus 2016

What,Where,Why,How (W3H)

What...Where...Why...How...(W3H) Apa ya...??
Banyak para sahabat dumay pasti sudah mengenal kata-kata itu, kalau di bahasa indonesia-kan Apa..Dimana...Mengapa...Bagaimana... Kata-kata ini sederhana namun bila di jabarkan sangat luas maknanya. Kata-kata itu bila diaplikasikan didalam kegiatan sehari-hari dapat membantu untuk menganalisa suatu permasalahan. Sebenarnya masih ada kata-kata selain kata tadi yang juga dipakai dalam aktivitas sehari-hari, namun disini saya hanya membahas 4 (empat) kata saja. Untuk aktivitas apakah itu?





Empat kata tersebut kita gunakan dalam analisa suatu masalah, disini saya tekankan penggunaan dalam menganalisa masalah yang terjadi pada sistem peralatan mesin dalam suatu industri pabrik. 

Bagaimana aplikasinya, mari kita bahas satu persatu kata diatas:

What (Apa)..?
Apa (what) disini untuk mengetahui permasalahan (problem) yang terjadi pada peralatan sistem tersebut. Dalam menentukan masalah yang terjadi harus fokus pada keadaan yang terjadi.









Where (Dimana)..?
Untuk menentukan atau melihat dimana masalah tersebut terjadi, dengan cara menjalankan mesin atau dengan melihat manual book sistem mesin tersebut. Disini harus benar-benar pasti permaslaahan yang terjadi, karena bila tidak kita akan salah menganalisa pada langkah selanjutnya.



WHY (Mengapa)...?
Bila sudah pasti dimana terjadi permasalahan (problem), maka disini peran pemikiran secara logika digunakan untuk mengetahui penyebab terjadinya permaslahan tersebut. 







How (Bagaimana)...?
Kata ini digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi. Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut dan bagaimana permasalahan itu tidak terjadi lagi di kemudian. Bagaimana mengerjakan, mengganti dan memperbaiki peralatan sistem yang rusak. Akhirnya dapat diambil suatu keputusan yang tepat.





Urutan kata-kata diatas bila di buat dalam bentuk flowchart adalah sebagai berikut:





Untuk menganalasisa suatu permasalahan yang berhubungan dengan manusia maka kata-kata diatas bisa di tambah dengan Who (siapa) dan urutan bisa terbalik, ini tergantung bagaimana meng aplikasikannya. Urutan tersebut di gunakan hanya untuk analisa maslah pada sistem mesin industri.

Semoga bermanfaat....silahkan share bila menurut anda bermanfaat bagi orang lain...


Tidak ada komentar: